"Dan Allah SWT mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberikanmu pendengaran, pengelihatan, dan hati, agar kamu bersyukur." (Q.S. An Nahl : 78)

Selasa, 29 Maret 2011

Inspirasi - Think as a "Visioner"

Pernahkah anda mendengar cerita tentang tiga orang tukang bangunan yang sedang membangun sebuah sekolah? Beginilah ceritanya. Di suatu tempat ada tiga orang tukang bangunan yang sedang membangun sebuah sekolah. Masing-masing dari mereka lalu diberi pertanyaan, “Apa yang sedang anda kerjakan?” Tukang pertama menjawab, “Saya sedang mencampur semen dan pasir.” Tukang kedua-pun menjawab, “Saya sedang membangun sebuah sekolah.” Namun jawaban tukang ketiga lain, “ Saya sedang membangun sebuah peradaban!”

Terlihat tukang ketiga ini mempunyai pandangan yang jauh ke-depan. Inilah yang disebut dengan pemikiran seorang Visioner. Seorang Visioner selalu memiliki pemikiran yang mendahului jaman-nya. Menjadi seorang Visioner jelas membutuhkan waktu, kekuatan, dan pengalaman yang cukup matang. Untuk bisa memiliki pandangan seorang Visioner, dibutuhkan tepung kematangan berpikir, mentega kepribadian yang teguh, dan gula konsep yang jelas dan sistematis. Selain harus memiliki pandangan yang jauh ke-depan, seorang Visioner harus memiliki wawasan yang luas, karena luas-tidaknya wawasannya akan menentukan hasil pemikirannya.

Sifat lain dari seorang Visioner adalah berani, cepat, dan cermat dalam bertindak. Seorang visioner tidak hanya pandai dalam merancang suatu hal, tapi ia dapat segera merealisasikan pemikirannya dengan tindakan. Banyak sekali orang sukses memulai hidupnya dengan jutaan mimpi. Namun ia tidak hanya berhenti sampai disitu, ia akan mengejar mimpi-nya habis-habisan! Ia memiliki energi yang seakan tidak pernah akan habis. Dan seperti di buku-buku psikologi, inilah salah satu kunci kesuksesan.

Seorang Visioner selalu memiliki komitmen dan loyalitas yang tinggi dalam keadaan tertekan sekalipun. Ia selalu dapat menumbuhkan motivasi internal-nya, dengan memahami tujuan hal yang ia lakukan. Coba saja bandingkan orang yang berkomitmen dengan yang tidak berkomitmen. Beda kan?! Orang yang berkomitmen selalu ingin memikirkan sesuatu hal yang terbaik lalu merealisasikan hal tersebut, untuk yang ia komitmeni. Nah, itu yang bikin beda!

Kritis terhadap situasi jelas merupakan salah satu indicator seorang Visioner. Seorang Visioner sering berpikir, “Kenapa sistemnya seperti ini? Bukankah lebih baik seperti itu?!” Dan kreatifitas tinggi merupakan salah satu hal yang wajib bagi seorang Visioner. Di kepalanya penuh dengan gagasan-gagasan baru yang masih fresh dan berkelas.

Tidak ada komentar: